Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal (Pilgan) Pembelajaran Terpadu di SD Lengkap Jawaban

Soal Pilihan Ganda Pembelajaran Terpadu di SD

1. Mengapa pembelajaran terpadu mempromosikan pemecahan masalah?
A) Karena membingungkan siswa
B) Karena mengurangi fokus
C) Karena mengintegrasikan konsep dari berbagai mata pelajaran
D) Karena hanya fokus pada satu mata pelajaran

Jawaban: 
C) Karena mengintegrasikan konsep dari berbagai mata pelajaran


2. Apa yang harus dihubungkan dalam pembelajaran terpadu?
A) Siswa dengan guru
B) Mata pelajaran yang berbeda
C) Hanya satu mata pelajaran
D) Siswa dengan buku teks

Jawaban: 
B) Mata pelajaran yang berbeda


3. Bagaimana guru dapat menilai kemajuan siswa dalam pembelajaran terpadu?
A) Dengan hanya mengadakan ujian tertulis
B) Dengan menilai proyek dan kinerja siswa
C) Dengan mengabaikan kemajuan siswa
D) Dengan tidak memberikan umpan balik

Jawaban: 
B) Dengan menilai proyek dan kinerja siswa


4. Bagaimana pembelajaran terpadu mendukung pengembangan keterampilan sosial siswa?
A) Dengan mengisolasi siswa dalam pembelajaran
B) Dengan mengabaikan interaksi sosial
C) Dengan mendorong kolaborasi dan komunikasi
D) Dengan membuat siswa bekerja sendiri

Jawaban:
C) Dengan mendorong kolaborasi dan komunikasi


5. Apa arti dari kurikulum terpadu?
A) Menggabungkan mata pelajaran dalam satu waktu
B) Menghilangkan semua mata pelajaran
C) Memisahkan mata pelajaran
D) Mengintegrasikan konsep dari berbagai mata pelajaran

Jawaban: 
A) Menggabungkan mata pelajaran dalam satu waktu


6. Bagaimana pembelajaran terpadu dapat menciptakan siswa yang lebih kreatif?
A) Dengan memberikan tugas yang sama setiap hari
B) Dengan mengintegrasikan mata pelajaran dan memecahkan masalah yang lebih kompleks
C) Dengan hanya fokus pada satu mata pelajaran
D) Dengan menghilangkan mata pelajaran seni

Jawaban: 
B) Dengan mengintegrasikan mata pelajaran dan memecahkan masalah yang lebih kompleks


7. Bagaimana pembelajaran terpadu mendukung pemahaman konsep yang lebih mendalam?
A) Dengan memisahkan konsep dalam mata pelajaran
B) Dengan hanya memberi tugas tulis
C) Dengan mengintegrasikan konsep dari berbagai mata pelajaran
D) Dengan menghilangkan mata pelajaran matematika

Jawaban: 
C) Dengan mengintegrasikan konsep dari berbagai mata pelajaran


8. Apa yang membedakan pembelajaran terpadu dari pembelajaran tradisional?
A) Tidak ada perbedaan
B) Pembelajaran terpadu hanya dilakukan di luar kelas
C) Pembelajaran terpadu menggabungkan mata pelajaran dalam konteks nyata
D) Pembelajaran terpadu hanya fokus pada satu mata pelajaran

Jawaban: 
C) Pembelajaran terpadu menggabungkan mata pelajaran dalam konteks nyata


9. Bagaimana pembelajaran terpadu membantu siswa mengaitkan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari?
A) Dengan hanya memberi tugas rumah
B) Dengan mengabaikan aplikasi dunia nyata
C) Dengan menghubungkan pembelajaran dengan situasi nyata
D) Dengan hanya membaca buku teks

Jawaban: 
C) Dengan menghubungkan pembelajaran dengan situasi nyata


10. Bagaimana pembelajaran terpadu mendukung perkembangan keterampilan berpikir kritis?
A) Dengan hanya memberi tugas yang mudah
B) Dengan mengintegrasikan mata pelajaran dan memecahkan masalah yang kompleks
C) Dengan hanya memberi ujian tertulis
D) Dengan hanya fokus pada satu mata pelajaran

Jawaban: 
B) Dengan mengintegrasikan mata pelajaran dan memecahkan masalah yang kompleks


11. Apa manfaat dari mengintegrasikan seni dalam pembelajaran terpadu?
A) Tidak ada manfaat
B) Meningkatkan kreativitas dan ekspresi siswa
C) Mengurangi keterlibatan siswa
D) Membuat pembelajaran lebih membosankan

Jawaban: 
B) Meningkatkan kreativitas dan ekspresi siswa


12. Mengapa penggunaan teknologi penting dalam pembelajaran terpadu?
A) Karena hanya buku teks cukup
B) Karena teknologi tidak memiliki peran dalam pembelajaran
C) Karena teknologi dapat memperkaya pengalaman belajar siswa
D) Karena teknologi hanya mengganggu pembelajaran

Jawaban: 
C) Karena teknologi dapat memperkaya pengalaman belajar siswa


13. Apa yang dimaksud dengan penilaian formatif dalam pembelajaran terpadu?
A) Menilai siswa hanya pada akhir semester
B) Menilai siswa selama pembelajaran berlangsung
C) Tidak ada penilaian dalam pembelajaran terpadu
D) Hanya memberikan ujian akhir

Jawaban: 
B) Menilai siswa selama pembelajaran berlangsung


14. Bagaimana pembelajaran terpadu dapat mendukung inklusi siswa dengan kebutuhan khusus?
A) Dengan hanya fokus pada siswa berkebutuhan khusus
B) Dengan mengabaikan siswa berkebutuhan khusus
C) Dengan menciptakan lingkungan inklusif dan mendukung
D) Dengan memisahkan siswa berkebutuhan khusus

Jawaban: 
C) Dengan menciptakan lingkungan inklusif dan mendukung


15. Apa yang perlu dipertimbangkan oleh guru saat merancang pembelajaran terpadu?
A) Hanya mempertimbangkan satu mata pelajaran
B) Mengabaikan minat siswa
C) Mengidentifikasi keterampilan dan pengetahuan yang ingin diajarkan
D) Tidak perlu merancang pembelajaran terpadu

Jawaban: 
C) Mengidentifikasi keterampilan dan pengetahuan yang ingin diajarkan