13 Soal (Pilgan) Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Lengkap Jawaban
Latihan Soal PG Bab Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

1. The Education of All Handicapped Children Act (-Gerakan Pendidikan bagi Semua Anak Penyandang Cacat) merupakan undang-undang yang memberikan jaminan kepada ABK dalam hal ……
A. Bebas mendapatkan pelayanan kesehatan secara cuma-cuma
B. Bebas mendapatkan pendidikan sampai tingkat setinggi-tingginya
C. Menjamin hak setiap ABK untuk mendapat pendidikan yang sesuai, bebas biaya, dan dilaksanakan dalam lingkungan yang paling tidak terbatas
D. Semua ABK berhak mendapatkan pendidikan dasar, dan layanan bimbingan
Jawaban:
C. Menjamin hak setiap ABK untuk mendapat pendidikan yang sesuai, bebas biaya, dan dilaksanakan dalam lingkungan yang paling tidak terbatas
2. Segresi berbeda dengan integrasi, hal tersebut dikarenakan segresi merupakan bentuk layanan pendidikan bagi ABK yang bersifat ……
A. Terpadu
B. Terpisah
C. Terpisah penuh
D. Terpadu penuh
Jawaban:
C. Terpisah penuh
3. Semua jenis layanan pendidikan memiliki kelebihan dan kekurangan, salah satu kekurangan dari layanan pendidikan terintegrasi terhadap ABK, adalah …..
A. Mendapat perlakuan/perhatian yang lebih intensif karena para guru memang disiapkan khusus untuk melayani mereka.
B. Dapat menghayati dunia yang sama dengan anak normal, demikian pula anak-normal akan mendapat kesempatan untuk menghayati keanekaragaman dalam hidup
C. Keinginan untuk bersaing mungkin lebih tinggi karena para ABK merasa mempunyai kemampuan setara sehingga kesempatan untuk unggul akan semakin terbuka
D. Setiap anak diakui sebagai bagian dari anak-anak lain yang ada dalam satu sekolah Jawab:
Jawaban:
B. Dapat menghayati dunia yang sama dengan anak normal, demikian pula anak-normal akan mendapat kesempatan untuk menghayati keanekaragaman dalam hidup
4. Tujuan mengapa guru harus memahami dan mengetahui kebutuhan anak yang berkelainan (kebutuhan khusus) adalah …..
A. Lebih menyayangi dan mengasihani anak-anak yang berkelainan
B. Mampu memahami dan bahkan memberi layanan yang sesuai
C. Mudah memberikan semua keperluan mereka
D. Mudah memberikan hukuman kepada mereka
Jawaban:
B. Mampu memahami dan bahkan memberi layanan yang sesuai
5. Selain memiliki hak, penyandang kelainan juga mempunyai kewajiban yang sama dengan orang lain pada umumnya. Salah satu kewajiban mereka menurut Undang- undang No. 20/2003 tentang Sisdiknas, Bab IV adalah …
A. Mendapatkan pelayanan kesehatan
B. Mengikuti kegiatan keagamaan sesuai dengan agama yang mereka anut
C. Mengikuti pendidikan dasar
D. Memperoleh penghidupan yang layak
Jawaban:
C. Mengikuti pendidikan dasar
6. Dari berbagai macam layanan yang diberikan pada anak yang berkelainan, layanan berikut ini merupakan layanan yang paling dibutuhkan, yaitu ……
A. Kesehatan
B. Pendidikan
C. Pemberian kebutuhan hidup
D. Bidang keagamaan
Jawaban:
B. Pendidikan
7. Layanan pendidikan yang berkaitan dengan kebutuhan emosional sosial, seperti kebutuhan yang berkaitan dengan konsep diri, penyesuaian diri dengan lingkungan/masyarakat sekitar, menghadapi peristiwa penting dalam hidup, dan kebutuhan bersosialisasi, membutuhkan ahli dalam bidang …
A. Ahli terapi fisik
B. Ahli pendidikan dari berbagai bidang
C. Ahli geologi
D. Para psikolog dan pekerja sosial
Jawaban:
D. Para psikolog dan pekerja sosial
8. Anak penyandang kelainan sama haknya dengan anak-anak normal lainnya dalam hal pendidikan. Hal ini telah diatur dalam Bab IV Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 6 ayat 5, yang berbunyi ……
A. Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu
B. Warga negara yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan/atau sosial berhak memperoleh pendidikan khusus
C. Warga negara yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus
D. Setiap warga negara berhak mendapat kesempatan meningkatkan pendidikan sepanjang hayat
Jawaban:
D. Setiap warga negara berhak mendapat kesempatan meningkatkan pendidikan sepanjang hayat
9. Menurut PP 72 tahun 1991 penyandang tunagrahita terbagi menjadi tiga yaitu ringan iqnya 50 - 70, sedang IQ-nya 30 - 50, dan berat dan sangat berat IQ-nya kurang dari 30. Istilah yang digunakan untuk anak berkebutuhan khusus menurut UU No 20/2003 tentang Sisdiknas adalah anak .........
A. Kelaparan
B. Yang mengalami gangguan pencernaan
C. Luar biasa
D. Menderita karena penyakit kanker
Jawaban:
C. Luar biasa
10. Sejak berlakunya UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas, maka digunakan istilah pendidikan khusus, pendidikan khusus dimaksudkan untuk peserta didik yang ………
A. Nakal
B. Sering membolos sekolah
C. Tidak disiplin
D. Memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa
Jawaban:
D. Memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa
11. Salah satu penyebab munculnya kebutuhan khusus bagi anak-anak tertentu adalah ……
A. Memiliki kondisi fisik, emosional, mental, sosial, dan/atau kecerdasan atau bakat istimewa
B. Adanya perbedaan antara siswa yang satu dengan lainnya
C. Adanya kebutuhan umum < yang dimiliki oleh anak-anak
D. Kurangnya kasih sayang dari orang tua dan lingkungan anak
Jawaban:
A. Memiliki kondisi fisik, emosional, mental, sosial, dan/atau kecerdasan atau bakat istimewa
12. Anak-anak pada umumnya sama-sama memiliki kebutuhan khusus dalam pendidikan, begitu pula bagi anak berbakat, mereka juga memiliki kebutuhan pendidikan, diantaranya adalah …….
A. Kebutuhan sandang dan pangan
B. Kebutuhan perlengkapan sekolah
C. Peluang untuk dapat berinteraksi dengan anak-anak lainnya
D. Peluang untuk melakukan kegiatan keagamaan
Jawaban:
C. Peluang untuk dapat berinteraksi dengan anak-anak lainnya
13. Apa yang dimaksud dengan anak berkebutuhan khusus?
A. Anak yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata
B. Anak yang memiliki kebutuhan khusus dalam pendidikan
C. Anak yang tidak mampu berbicara
D. Anak yang memiliki kelebihan fisik
Jawaban:
B. Anak yang memiliki kebutuhan khusus dalam pendidikan